jump to navigation

JANGAN cari “JUDUL”, TAPI carilah “MASALAH” January 25, 2011

Posted by alreadyshare in Economics, MY opinion.
Tags: , , , ,
trackback

 

Diakhir masa kuliah, umumnya mahasiswa baik Sarjana maupun Pascasarjana disibukkan dengan penyelasaian Tugas Akhir yang berupa skripsi bagi mahasiswa S1, Thesis bagi mahasiswa S2, dan Disertasi bagi mahasiswa S3. Namun yang paling terasa  dan banyak dikeluhkan yaitu bagi mereka yang S1 sulitnya dalam menentukan judul dari skripsi mereka. menurut saya hal ini terjadi karena kurangnya pemahaman seorang mahasiswa terhadap tujuan dan “mau dibawa kemana” hasil penelitian atau skripsi yang sudah kita tulis.

Dosen dan Teman-teman saya di perkuliahan juga sering mengatakan “jangan cari judul, tapi carilah masalah”. ini merupakan problem yang mungkin dirasakan oleh teman-teman dikampus. Problema pencarian judul ini bahkan memberikan dampak negatif misalnya hanya karena sibuk mencari judul memakan waktu berbulan-bulan sehingga menghambat penyelesaian skripsi.

Penentuan judul bukan merupakan hal yang paling utama dalam penulisan karya ilmiah ini, namun yang terpenting adalah menentukan masalah apa yang akan kita teliti dan setidaknya kita sudah memahami dan mempelajari setiap ilmu yang telah kita pelajari di bangku perkuliahan. Sehingga tidak ada kesan bahwa ilmu yang kita dapatkan di level sarjana ini sia-sia.

Permasalahan sudah kita dapatkan lalu saatnyalah kita  untuk menentukan judul sehingga judul tersebut mewakili permasalahan yang kita angkat dan jika orang membaca judul tulisan kita dan mereka memahami secara umum apa yang kita tulis didalam tulisan kita.

Selanjutnya, untuk memiliki judul yang berkualitas dan tujuan yang jelas setidaknya ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu:

  • Tulisan yang kita tulis adalah sebuah penelitian dan penelitian inilah yang diarahkan untuk menjawab atau pertanyaan-pertanyaan atau permasalahan yang ditemukan, dengan demikian hal yang menjadi paling menjadi perhatian utama adalah permasalahan apa yang akan kita bahas pada skripsi kita.
  • Sebenarnya permasalahan tidak  rumit untuk kita cari, karena permasalah ini  umumnya dapat kita temui pada proses pembelajaran atau perkuliahan di kampus.
  • Lakukan Review terhadap aktifitas perkuliahan di kampus dan identifikasikan setiap permasalahan yang timbul pada setiap sub pokok pembahasan  dan lihat fenomena yang terjadi di negara, daerah atau wilayak Kab/Kota tempat tinggal kita.
  • Jadikan Bimbingan dari Dosen Pembimbing sebagai salah satu sarana untuk kita melakukan konsultasi jika demi kualitas tulisan kita. Usahakan terbuka dengan Dosen Pembimbing sehingga Dosen Pembimbing mengerti akan tujuan dari tulisan kita dan bisa mendatangkan ide baru bagi tulisan kita.
  • Jangan menyia-nyiakan waktu anda dengan meneliti hal-hal yang tidak penting dan tidak memiliki kontribusi terhadap Profesi atau tidak sesuai dengan bidang studi perkuliahan anda.

Demikianlah beberapa hal pokok yang menurut saya bisa menjadi awal dari penulisan skripsi atau karya ilmiah lainnya. Semoga bisa bermanfaat bagi terutama bagi saya dan teman-teman semuanya.

 

 

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: