jump to navigation

PENDAHULUAN ILMU EKONOMI January 21, 2011

Posted by alreadyshare in Economics.
Tags: , , , , , ,
trackback
APAKAH ILMU EKONOMI ITU?
Ilmu Ekonomi membahas segala jenis pokok bahasan (topik). Namun pada intinya ditujukan untuk memahami bagaimana masyarakat mengalokasikan sumber-sumber dayanya yang langka. Dalam mempelajari implikasi kelangkaan , ilmu Ekonomi mencoba menyesaikan 1001 teka-teki kehidupan sehari-hari.

Definisi ilmu Ekonomi:
Masalah apa sebenarnya yang dianalisis oleh para ahli Ekonomi, dair mulai Smith sampai Marx hingga generasi sekarang? Inilah beberapa definisi Ilmu Ekonomi:
█ Ilmu Ekonomi menanyakan barang apa (what) yang akan diproduksi, dan untuk siapa barang-barang ini di produksi, dan untuk siapa (for whom) diproduksi.
█ Ilmu Ekonomi menganalisis setiap gerakan dan perubahan yang terjadi dalam keseluruhan Ekonomi, , misalnya kecendrungan (trend) dalam harga, hasil produksi, pengangguran dan perdagangan luar negeri. Begitu gejala tadi bisa dipahami, maka ilmu Ekonomi dapat dimanfaatkan oleh pemerintah untuk mengembangkan kebijakan-kebijakan Ekonomi sehingga dapat memperbaiki perEkonomian.
█ Ilmu Ekonomi mempelajari perdagangan diantara berbagai negara. Ilmu ini membantu menerangkan mengapa negara-negara mengekspor komoditi tertentu dan mengimpor yang lainnya. Ilmu ini juga menganalisis efek pembatasan terhadap perdagangan internasional.

█ Ilmu Ekonomi merupakan ilmu mengenai pilihan. Ilmu ini memperlajari bagaimana orang memilih menggunakan sumberdaya produksi langka atau terbatas. Misalnya tenaga kerja, mesin, keterampilan teknis untuk memproduksi berbagai komoditi (seperti beras, daging, pakaian, konser, dan senjata), dan menyalurkan ke berbagai anggota masyarakat untuk segera dikonsumsikan.
█ Ilmu Ekonomi merupakan suatu studi tentang uang, suku bunga, modal dan kekayaan.
Dari pengertian diatas kita dapat memahami apa sebenarnya ilmu Ekonomi itu, namun karena definisi diatas dilihat dari berbagai sudut pandang maka secara dapat kita ambil definisi ilmu Ekonomi secara umum sebagai berikut:
“Ilmu Ekonomi merupakan suatu studi tentang prilaku masyarakat dalam menggunakan sumber daya yang langka dalam rangka memproduksi berbagai komoditi, untuk kemudian menyalurkan kepada berbagai individu dan kelompok yang ada dalam suatu masyarakat”

Dalam ilmu Ekonomi, kita akan membedakan antara ilmu Ekonomi makro yang mempelajari fungsi Ekonomi secara keseluruhan, dan ilmu Ekonomi mikro yang menganalisis perilaku masing-masing komponen seperti industri, perusahaan dan rumah tangga.

Ilmu Ekonomi normatif vs positif
Dalam ilmu Ekonomi, kita harus hati-hati membedakan pernyataan positf (berdasarkan fakta) dan pernyataan normatif (penaksiran nilai)
Ilmu Ekonomi positif menggambarkan fakta dan prilaku dalam perEkonomian. Sedangkan ilmu Ekonomi normatif melibatkan ajaran etika dan pertimbangan nilai dan hanya sebuah pertimbangan tanpa ada fakta yang membuktikan.

Keiginan vs kelangkaan
Ilmu Ekonomi berpijak pada hukum kelangkaan, yang menganggap bahwa barang itu bersifat langka, karena keinginan orang terhadap barang itu melebihi dari yang dapat diproduksi oleh perEkonomian. Barang Ekonomi adalah terbatas, tidak Cuma-Cuma, dan masyarakat harus memilih diantara barang-barang terbatas yang dapat diproduksi dengan sumber-sumber daya yang tersedia.

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: