jump to navigation

5 Hal Yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Tidur January 7, 2012

Posted by alreadyshare in health.
Tags: , , , ,
add a comment

 

Anda lelah. Anda bisa meletakkan kepala Anda di atas meja sekarang dan segera jatuh tertidur. Anda pergi tidur larut malam, mengalami kesulitan jatuh tertidur dan bangun terlalu dini. Dan jangan menipu diri sendiri: Malam ini akan sama kecuali … baik, baca terus.

Ini adalah pengalaman yang tidak begitu-menutup-mata klasik banyak orang Amerika yang berpikir bahwa mereka kurang tidur dan mungkin memerlukan pil atau pengobatan lain untuk memperbaiki insomnia, gigi menggiling, jet lag, kaki gelisah atau dendeng, mendengkur, tidur sambil berjalan dan sebagainya sebagainya.

(more…)

Kenapa Tidak Boleh Minum Obat Dengan Susu? January 7, 2012

Posted by alreadyshare in Drink, Drink and Food, Food, health.
Tags: , ,
add a comment

Jangan minum obat dengan susu‘ kata-kata itu seringkali didengar atau diucapkan oleh masyarakat ketika ingin mengonsumsi obat oral. Kenapa susu tidak boleh dicampur dengan obat? Obat atau antibiotik yang dikonsumsi secara oral bisa menjadi efektif bagi seseorang jika dikonsumsi dan diserap dengan baik oleh tubuh. Obat oral harus diserap dari saluran pencernaan hingga bisa masuk ke dalam aliran darah lalu dikirim ke daerah yang sakit atau mengalami infeksi untuk pengobatan. Terdapat berbagai faktor yang mempengaruhi kemampuan tubuh untuk menyerap obat dengan baik, termasuk keasaman relatif di perut, ada atau tidaknya nutrisi lemak atau nutrisi lainnya, serta apakah ada unsur-unsur tertentu di dalam tubuh seperti kalsium.

Seperti dikutip dari Everydayhealth.com, Sabtu (1/1/2011) beberapa obat seperti keluarga antibiotik yang mengandung tetrasiklik akan bereaksi dengan susu. Kalsium yang terdapat dalam susu akan mengikat obat atau antibiotik sehingga mencegah penyerapan obat tersebut di dalam tubuh.

Selain itu ada obat yang baik dikonsumsi setelah makan ataupun sesudah makan, hal ini disebabkan makanan yang dikonsumsi tersebut bisa mempengaruhi penyerapan obat. Karenanya menjadi hal yang sangat penting untuk mengikuti petunjuk penggunaan yang tertera pada botol atau bungkus obat, sertamasyarakat sebaiknya selalu menanyakan kriteria obat yang dikonsumsinya pada apoteker.

Lalu bagaimana dengan minuman lainnya seperti kopi, teh, jus, atau cendol?

Minuman lainnya seperti kopi, teh, jus, atau cendol umumnya mengandung berbagai senyawa seperti kafein yang kemungkinan bisa bereaksi dengan obat yang dikonsumsi sehingga mempengaruhi penyerapannya.

Untuk itu masyarakat selalu disarankan mengonsumsi obat dengan menggunakan air putih yang diketahui tidak memiliki kandungan apapun, sehingga tidak mempengaruhi penyerapan obat. Selain itu air putih bisa membantu melarutkan obat yang dikonsumsi di dalam lambung sehingga proses penyerapannya menjadi lebih baik dan lebih mudah.

Sumber

Raja Tidur September 15, 2011

Posted by alreadyshare in Holiday.
Tags: , ,
add a comment

Manusia merupakan salah satu makhluk yang paling sempurna yang diciptakan oleh Sang Maha Kuasa. Memiliki perbedaan yang sangat jauh dengan makhluk lainnya. Berbeda dengan binatang ketika manusia mampu menggunakan akal sehatnya sedangkan binatang tidak memiliki akal yang mampu menandingi akal kita “manusia”. Manusia juga berbeda dengan malaikat ketika malaikat tidak memiliki hasrat dan keinginan terhadap apapun, tetapi manusia memiliki berjuta keinginan yang belum tentu baik dan belum tentu buruk. Dengan nafsu-lah manusia mampu hidup di dunia secara aman, damai dan bahagia. Begitu juga dengan nafsu pula manusia bisa terjerumus ke lembah hitam nan menyesatkan.
Segala nikmat nafsu ini mampu diperoleh dan dikelola oleh usaha kita sebagai makhluk paling sempurna. Manusia mampu berusaha dan mampu pula menuai hasil usahanya. Tetapi, Sang Pencipta menciptakan kita tidak dengan dengan menjadi manusia yang memiliki kemampuan bekerja dan berusaha seharian penuh atau dengan kata lain 24 jam. Kehidupan manusia dalam hal pembagian waktu telah diatur oleh Sang Pencipta, dimana manusia diberikan waktu 24 jam dalam sehari dan tugas kita untuk mengelola waktu se-efektif dan se-efisien mungkin. Dimana waktu terbagi dijatahkan menjadi sepertiga waktu beribadah kepada-Nya, sepertiga waktu untuk berusaha untuk kepentingan duniawi, dan sepertiga waktu selebihnya dijatahkan untuk “tidur”.
Sepertiga dari hari kita telah diporsikan untuk kegiatan tidur. Tidur yang cukup memberikan efek positif dan sinerjik terhadap kegiatan sehari-hari. Jam tidur yang kurang justru akan memberikan penurunan produktivitas serta bahkan penurunan semangat beraktifitas. Selanjutnya tidur yang berlebihan justru memberikan rasa bersalah pada diri kita, pikiran terus berkecamuk dan mengecam diri sendiri, “mengapa saya menjadi orang yang malas, bukannya memanfaatkan waktu untuk berusaha maupun mencari suatu hal yang berguna. Tetapi saya malah menggunakan waktu untuk tidur berlebihan yang nyaris tiada berguna”. Begitulah suara petikan hati mengakui diri kita telah tidur berlebihan lantas mengakui kita sebagai “raja tidur”.

Cerita Cinta Terpendek yang bisa bikin kita termenung untuk beberapa saat ! February 7, 2011

Posted by alreadyshare in All Motivation, Love, Uncategorized.
Tags: , , , , ,
add a comment

Sumber: Agan xxx9xxx (kaskuser) atau klik disini

zawirhishamnorzam.blogspot.com

Ada seorang wanita buta. Semua orang membenci dia, kecuali kekasihnya. Wanita itu selalu berkata, “Saya akan menikahimu saat saya bisa melihat.” Suatu hari, ada orang mendermakan mata kepada wanita itu. Akhirnya wanita itu dapat melihat. Dengan segera, dia pergi menemui kekasihnya. Tetapi, ketika dia melihat kekasihnya, dia merasa sungguh terkejut karena kekasihnya juga buta.

Kekasihnya bertanya, “Sudikah kamu menikah denganku sekarang?” Tanpa sebuah alasan, wanita itu menolak. Kekasihnyapun tersenyum dan berlalu pergi sambil berkata. “Tolong jaga mata saya baik-baik…”


Kisah Seorang Buruh Pabrik Menjadi Salah Satu Wanita Terkaya di Dunia January 27, 2011

Posted by alreadyshare in All Motivation, Uncategorized.
Tags: , , ,
add a comment

Sumber: Agan Pridawa (kaskuser) atau Klik disini

 

Untuk menjadi kaya ada 3 cara yang bisa digunakan, dan Anda bisa pilih salah satunya, pertama Anda terlahir dari keluarga kaya sehingga secara otomatis Anda menjadi orang kaya, atau bila tidak pilihlah cara kedua yaitu nikahi orang kaya hingga Anda bisa ikut jadi kaya, tapi cara kedua ini biasanya membutuhkan modal wajah cantik dan ganteng, lalu bila kedua cara tersebut tak bisa dan bukan takdir Anda maka pakailah cara terakhir atau cara ketiga yaitu bekerja keras dibarengi berpikir cerdas, karena bekerja keras saja tidaklah cukup.

Zhang Xin saat bertemu dengan bos Microsoft Bill gates

Cara ketiga inilah yang ditempuh oleh Zhang Xin wanita yang kini menjadi salah satu wanita terkaya di dunia asal Cina, siapa sangka seorang Zhang Xin yang dulunya hanya seorang biasa-biasa tapi kini menjadi orang yang luar biasa, bagaimana kisah selengkapnya mari kita simak bersama ceritanya yang dikutip ruanghati.com dari Vivanews berikut ini.

Namanya begitu populer di China. Namun siapa sangka, ratu properti ini masa kecilnya penuh dengan kesengsaraan. Zhang Xin, sang ratu properti, menghabiskan masa kecilnya di lantai lima, rumah susun di pinggiran Beijing. Makan nasi ransum dengan mangkuk besi bersama anak-anak pekerja keras China yang lain.

 

Saat remaja, ia sempat menjadi buruh pabrik di Hong Kong. Bekerja 12 jam dengan shift. Saat kerja inilah, sedikit demi sedit, Zhang bisa mengumpulkan uang. Pada usia 20, Zhang telah memiliki uang cukup, dan memutuskan hijrah ke Inggris. Dia mendapatkan bea siswa di Sussex. Kemudian, dia melanjutkan di Cambridge untuk menyelesaikan gelar master.Pada usia 27 tahun, Zhang berhasil menyelesaikan studi S2 di bidang Development Economics dari Cambridge University.

Seperti kebanyakan orang Asia yang merantau untuk belajar, setelah bekerja keras dan bersaing untuk belajar, Zhang berhasil mendapatkan pekerjaan di perusahaan internasional Goldman Sachs and Travelers Group, membangun karirnya dalam investment banking. Dalam perjalanan karirnya, Zhang telah mewarnai media publikasi bisnis yang terkenal seperti BusinessWeek, Financial Times dan lainnya. Namun yang mengagumkan, Zhang Xin tetap dikenal sebagai seorang pribadi yang low profile di antara perkumpulan perantauan Cina.

Kini, dua dekade setelah dia bekerja keras, Zhang bisa menatap dari lantai atas salah satu bangunan paling bergaya dan bergengsi di Beijing. Itulah bangunan miliknya, yang dibangun dari keringatnya sendiri. Zhang pun menjadi salah satu wanita terkaya dunia.

Baru-baru ini majalah Forbes menurunkan profil 10 perempuan miliarder dunia yang kekayaannya dari keringat sendiri. Bukan warisan maupun hibah. Salah satunya Zhang, yang memiliki kekayaan US$2 miliar atau sekitar Rp18 triliun.

Zhang Xin memulai kesuksesan dari nol, Anda pun bisa seperti dia

Di bawah bendera SOHO, Zhang berhasil membangun kerajaan bisnis properti bersama suaminya. Dia berhasil mengubah cakrawala dari rumah beton kotor yang ia tinggali hingga 1970, menjadi gedung yang indah dan futuristik. “Pembangunan ini bertahap dan begitu lama,” kata dia kepada The Sunday Telegraph.

“Saya teringat ketika kami sedang berjuang membayar gaji dan tagihan. Bagaimana pun perusahaan harus terus bergerak meskipun dengan utang. Dengan kontrol biaya yang ketat, kami pun secara bertahap bisa mendapat keuntungan.” Meski telah sukses, dia tidak mau memamerkan kekayaannya. Penampilannya sangat sederhana. Bila menggunakan make up, tidak begitu kentara. Begitu juga dengan perhiasan, juga tidak berlebih.pakaian sederhana, kegiatan akhir minggu untuk keluarga dan masih bepergian dengan penerbangan kelas bisnis. Tentu hal ini sangat berbeda dengan gaya hidup wanita sukses di negara kita dan di tempat-tempat lain

Ditanya mobil apa yang dia pakai, dia ragu-ragu. Namun akhirnya menjawab. “Oh, itu Lexus. Saya tidak tahu modelnya.” Bahkan dengan triliunan rupiah kekayaan yang ia punya, Zhang tetap mempertahankan sikap hemat. Bila menggunakan pesawat, dia akan menolak menggunakan kelas satu. Padahal bagi dia, sangat mudah terbang ke mana pun dengan tiket paling mahal sekali pun.

“Ini bukan soal keterjangkauan, ini tentang hati nurani,” katanya. “Kelas bisnis ini sudah cukup nyaman.” Zhang yang sekarang berusia 45, lahir di China. Tumbuh dewasa selama paruh kedua dari Revolusi Kebudayaan (1966-1976). Dia merupakan putri generasi ketiga imigran Tionghoa yang pindah ke Burma dan kembali lagi ke Beijing pada 1950. Keluarga ini tinggal di sebuah bangunan utilitarian. Ibunya bekerja sebagai penerjemah resmi membantu menyebarluaskan pernyataan Deng Xiaoping dan Zhou Enlai. Saat sekolah, setiap siang Zhang pulang untuk makan nasi ransum dari kantin gedung itu.

“Hanya ada tiga jenis makanan, semua cukup buruk,” kenang dia. “Kami masing-masing memegang mangkuk nasi dan dibawa ke kantin. Petugas membagikan makanan dari wadah yang sangat besar,” kata dia sambil menunjuk foto pekerja konstruksi yang sedang mengantre makan di salah satu proyek bangunannya. “Rasanya seperti itu, hanya jauh lebih buruk.”

Saat itu, Zhang mengatakan, Beijing adalah kota muram. “Bangunan-bangunan itu kelabu, semua orang berpakaian abu-abu. Kami tidak pernah melihat langit. Tidak ada gagasan dari langit biru untuk sebuah kemakmuran,” katanya. “Semua orang berpakaian sama, makan sama, perbedaan antara satu orang dengan lain sangat kecil. Mungkin sama seperti perbedaan satu rambut dengan rambut lain di kepala Anda,” ujar Zhang.

 

Bekerja sebagai buruh pabrik di Hong Kong baginya tidak jauh lebih baik. “Itu mengerikan,” katanya. Setelah “melarikan diri” ke Inggris, pintu Zhang mulai terbuka. Dengan gelar master ekonomi pembangunan di tangannya, ia mendapat pekerjaan pertamanya di Goldman Sachs.

Pada 1994 ia kembali ke China, tergoda seperti ekspatriat lainnya yang terpikat oleh tawaran zona ekonomi khusus dan reformasi ekonomi. Seorang teman menyarankan Zhang memulai bisnis properti. Pan Shiyi namanya. Dia yang datang dari keluarga lebih miskin dari Zhang, memandang masa depan bisnis properti sangat bagus.

Empat hari kemudian, Pan mengusulkan semua ide kepada perempuan itu. Lalu mereka mendirikan SOHO. Bersama Pan yang kemudian menjadi suaminya, Zhang memulai bisnisnya pada 2007. Perusahaan ini sempat kolaps dengan utang US$1,65 miliar, namun kemudian sedikit demi sedikit utangnya bisa direstrukturisasi.

Tentang gaya hidup ini, wanita 45 tahun ini berkata, “Ini bukan tentang kesanggupan, tapi tentang kesadaran”. Ya, sekalipun Anda telah bekerja keras dan bisa membayar apa pun yang Anda inginkan, tidak berarti menghamburkan uang adalah kewajaran. Semoga rasa nasionalisme Zhang Xin kepada negaranya dan kesadaran Zhang untuk hidup sederhana juga dapat menginspirasi kita untuk hidup lebih baik

 

Sumber: Klik disini

Kata-Kata Bijak Seorang Ayah Kepada Anaknya January 26, 2011

Posted by alreadyshare in All Motivation, Uncategorized.
Tags: , ,
add a comment

Sumber: Agan thenoven (kaskus holic) klik disini

 

Sekitar seminggu lalu sayamendapatkan kata-kata  bagus untuk bahan renungan, dan karena saya sangat terkesan dengan tulisan ini saya simpan. Daripada disimpan tidak ada yang baca lebih baik saya postingkan pada blog ini dan semoga bisa menjadi renungan yang berharga bagi para pembaca.

  • cobalah kamu mulai dari sekarang, jangan sampe sekarang kamu enak tidur tapi kamu tua bahkan mau tidur ga bisa, yang disuruh ngerjain ini atau itu, cobalah mulai nak, mulai kamu belajar mati2an sampe nangis darah tapi kedepannya kamu sukses nak
  • jangan selalu liat ke atas, liatlah ke bawah..syukurin apa yang udah kamu punya, jangan cuma nuntut dan nuntut..kapan kamu mau bersyukur?ayah yakin banyak temen kamu yang lebih kaya, tapi ayah juga yakin masih banyak temen kamu yang buat bayaran sekolah aja masih mikir?
  • sekarang kamu naek motor kemana2, jangan sampe kamu nanti tua malah nganterin orang kemana2 naek motor buat makan (ngojek), jangan sekarang kamu masih bisa bayar angkot,tapi nanti gede buat ngasih anak ongkos naek angkot aja berat
  • cobalah kamu mulai pikir, ayah sekarang masih bisa beli barang2 tersier ex: mobil, rumah, tv, komputer, internet, tapi nanti kalo kamu udah gede, kepikiran ga sama kamu buat beli barang2 kayak gitu?
  • kamu harus jadi orang lebih dari ayah, kalo cuma sama aja kayak ayah buat apa?
  • jangan pernah ngebentak orang tua kamu! apalagi ibu kamu! ayah paling ga suka! kalo sampe orang tua kamu udah ga ridho ama anaknya sendiri ANCUR IDUP KAMU ANCUR!memang ga semua, tapi seandainya kamu sukses tapi orang tua ga ridho, ga ada artinya itu hidup ex: gayus harta milyar2 tapi orang tua tinggal di kontrakan, ancur kan hidupnya skarang?
  • ayah bilang ini itu buat kamu nak! buat hidup kamu! ga ada kamu belajar pinternya buat ayah, kamu olahraga sehatnya buat ayah, ga ada!kamu jadi orang sukses pun inget kata ayah ini Belum tentu ayah minta sepeser pun dari kamu! tapi yang namanya kebanggaan “Liat tuh anak gw!” itu nak yang ayah mitna.. itu..
  • Kamu ga perlu yang namanya pinter kalo ga bisa, ga perlu olahragawan kalo kamu ga mampu!tapi bakat! bakat ato hobi yang harus kamu punya! keahlian! itu yang nanti bikin kamu berguna bagi diri kamu dan orang laen
  • ukuran orang sukses tuh bukan banyaknya harta nak, tapi dia berguna bagi diri dia sendiri dan orang laen, itulah ukuran kesuksesan
  • jadilah orang yang luar biasa! jangan jadi orang yang biasa2 aja! kalo kamu jadi orang yang biasa aja, bos kamu nge gaji kamu biasa2 aja, kamu sekolah biasa2 aja, idup biasa2 aja?mau kamu idup kayak gitu?memang ga salah hidup kayak gitu.. orang banyak kok tinggal di kolong jembatan bisa hidup..tapi KUALITAS HIDUP kamu yang begitu,ga akan bikin kamu bahagia
  • kamu pernah ga kepikiran buat beli barang2 tersier yang kayak sekarang kamu milikin?kalo jaman sekarang gaji kamu cma (maaf bukan menyinggung) 2-3 juta nak!ga cukup!ga akan cukup! buat hidup kamu sebulan aja uang saku kamu 400, les kamu 500, private kamu 800, uang sekolah 400, udah berapa?itu cuma buat kamu, belom kakak kakak kamu, adek kamu, listrik, air dan segala macem?cukup nak?CUKUP?
  • ga selamanya kita hidup di atas, hati2 nak, banyak contoh..ga usah jauh2..liat adek laki2 dari ibu kamu, ga ada 1 pun yang jadi! ga ada! padahal dulu kalo makan duren 1 anak 3 duren, 1 anak 1 mobil, kamu bayangin!sekarang kamu liat apa?apa yang mereka punya?kamu laki2 JADILAH LAKI2 bangun tidur push up!sebelum tidur push up! pagi pagi lari pagi sampe kaki serasa mau patah!berenang sampe kamu ga kuat bahkan buat nafas! jangan manja jadi anak laki2! kamu dan kakak kamu yang ayah andelin nak!
  • ayah ga akan ngatur jalan hidup kamu, kamu mau kuliah di mana, kerja di mana, ayah ga akan atur..ayah cuma memfasilitasi aja, kewajiban ayah cuma membiayai, kamu yang ngejalanin nak..
  • ayah ga akan pernah nentuin jodoh kamu, atau masalah setuju ato ga setuju dengan cewe gimana yang kamu pilih, kan sesuai kamu, kamu udah tau seberapa ukuran pantas..kamu sendiri yang punya ukuran pantas ga pantas, cocok ga cocok..yang jelas yang kamu pilih itu terbaik buat kamu
  • jaman sekarang nak, kalo kamu ga punya uang, apapun yang kamu omongin cuma dipandang sebelah mata, walaupun yang kamu omongin itu bener, tapi orang yang punya uang, kedudukan, apapun yang dia omongin, yang salah aja bisa jadi bener, jadi jaman sekarang ga ada itu yang namanya emas walau jatuh ke lumpur tetaplah emas

sekian dan terima kasih buat yang udah baca, kalau mau lihat dengan jelas sumbernya, klik disini

Daftar Denda Tilang untuk Pesepeda Motor January 26, 2011

Posted by alreadyshare in Uncategorized.
Tags: , , , , ,
add a comment

VIVAnews – Denda tilang untuk pesepeda motor cukup menakutkan. Jika Anda tak menyalakan lampu utama di siang hari, denda Rp 100 ribu menunggu.

Berikut sejumlah sanksi pelanggaran lalu lintas terkait pengendara sepeda motor berdasarkan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan angkutan jalan seperti dilansir Traffic Management Centre Polda Metro Jaya:

– Pengendara sepeda motor tanpa menyalakan lampu utama pada siang hari denda maksimal Rp 100 ribu Pasal 293 ayat (2) jo Pasal 107 ayat (2).

– Pengendara sepeda motor tidak mengenakan Helm Standard Nasional Indonesia denda maksimal Rp 250 ribu Pasal 291 ayat (1) Jo Pasal 106 ayat (8).

– Pengendara sepeda motor membiarkan penumpangnya tidak menggunakan Helm denda maksimal Rp 250 ribu Pasal 291 ayat (2) Jo Pasal 106 ayat (8).

– Pengendara sepeda motor mengangkut penumpang lebih dari satu orang tanpa kereta samping denda maksimal Rp 250 ribu Pasal 292 Jo Pasal 106 ayat (9)

– Pengendara sepeda motor tidak memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan, meliputi kaca, spion, klakson, lampu Utama, lampu rem, lampu penunjuk jalan, alat pemantul cahaya, alat pengukur kecepatan, knalpot, dan kedalaman alur ban denda maksimal Rp 250 ribu Pasal 285 ayat (1) jo Pasal 106 ayat (3), dan Pasal 48 ayat (2) dan ayat (3).

Berdasarkan Pasal 267 ayat (3) dan ayat (4) UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan terhadap pelanggar yang tidak hadir di sidang pengadilan, maka denda yang dititipkan ke bank adalah sebesar jumlah denda maksimal untuk setiap pelanggaran.

• VIVAnews

JANGAN cari “JUDUL”, TAPI carilah “MASALAH” January 25, 2011

Posted by alreadyshare in Economics, MY opinion.
Tags: , , , ,
add a comment

 

Diakhir masa kuliah, umumnya mahasiswa baik Sarjana maupun Pascasarjana disibukkan dengan penyelasaian Tugas Akhir yang berupa skripsi bagi mahasiswa S1, Thesis bagi mahasiswa S2, dan Disertasi bagi mahasiswa S3. Namun yang paling terasa  dan banyak dikeluhkan yaitu bagi mereka yang S1 sulitnya dalam menentukan judul dari skripsi mereka. menurut saya hal ini terjadi karena kurangnya pemahaman seorang mahasiswa terhadap tujuan dan “mau dibawa kemana” hasil penelitian atau skripsi yang sudah kita tulis.

Dosen dan Teman-teman saya di perkuliahan juga sering mengatakan “jangan cari judul, tapi carilah masalah”. ini merupakan problem yang mungkin dirasakan oleh teman-teman dikampus. Problema pencarian judul ini bahkan memberikan dampak negatif misalnya hanya karena sibuk mencari judul memakan waktu berbulan-bulan sehingga menghambat penyelesaian skripsi.

Penentuan judul bukan merupakan hal yang paling utama dalam penulisan karya ilmiah ini, namun yang terpenting adalah menentukan masalah apa yang akan kita teliti dan setidaknya kita sudah memahami dan mempelajari setiap ilmu yang telah kita pelajari di bangku perkuliahan. Sehingga tidak ada kesan bahwa ilmu yang kita dapatkan di level sarjana ini sia-sia.

Permasalahan sudah kita dapatkan lalu saatnyalah kita  untuk menentukan judul sehingga judul tersebut mewakili permasalahan yang kita angkat dan jika orang membaca judul tulisan kita dan mereka memahami secara umum apa yang kita tulis didalam tulisan kita.

Selanjutnya, untuk memiliki judul yang berkualitas dan tujuan yang jelas setidaknya ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu:

  • Tulisan yang kita tulis adalah sebuah penelitian dan penelitian inilah yang diarahkan untuk menjawab atau pertanyaan-pertanyaan atau permasalahan yang ditemukan, dengan demikian hal yang menjadi paling menjadi perhatian utama adalah permasalahan apa yang akan kita bahas pada skripsi kita.
  • Sebenarnya permasalahan tidak  rumit untuk kita cari, karena permasalah ini  umumnya dapat kita temui pada proses pembelajaran atau perkuliahan di kampus.
  • Lakukan Review terhadap aktifitas perkuliahan di kampus dan identifikasikan setiap permasalahan yang timbul pada setiap sub pokok pembahasan  dan lihat fenomena yang terjadi di negara, daerah atau wilayak Kab/Kota tempat tinggal kita.
  • Jadikan Bimbingan dari Dosen Pembimbing sebagai salah satu sarana untuk kita melakukan konsultasi jika demi kualitas tulisan kita. Usahakan terbuka dengan Dosen Pembimbing sehingga Dosen Pembimbing mengerti akan tujuan dari tulisan kita dan bisa mendatangkan ide baru bagi tulisan kita.
  • Jangan menyia-nyiakan waktu anda dengan meneliti hal-hal yang tidak penting dan tidak memiliki kontribusi terhadap Profesi atau tidak sesuai dengan bidang studi perkuliahan anda.

Demikianlah beberapa hal pokok yang menurut saya bisa menjadi awal dari penulisan skripsi atau karya ilmiah lainnya. Semoga bisa bermanfaat bagi terutama bagi saya dan teman-teman semuanya.

 

 

SANTAI MINGGU SORE January 24, 2011

Posted by alreadyshare in Adventure, Holiday.
Tags: , , , ,
add a comment

Minggu, 23 JANUARI 2011 15.15 WIB

Dering Handphone membangunkanku sekaligus mengejutkanku dari isstirahat sejenak. Rasanya hari ini begitu lelah karena harus bergabung dengan masyarakat di acara resepsi pernikahan tetangga walaupun hanya makan dan duduk-duduk saja. kulihat handphone yang berdering tadi, kulihat dengan jelas nama pemanggilnya, dan terus melihat. keraguan dan penasaran terus berulang dalam benakku. Kok namanya sama seperti namaku, tak salah lagi ternyata yang memanggil temanku yang kebetulan nama depannya sama dengan namaku. Temanku ini mengajak ke tempat temanku satu lagi yang rumahnya tak jauh dari rumahku juga. OK… saya menyetujuinya, sampai jumpa dit empat tujuan.

Kulanjutkan acara istirahatku. kupenjamkan mataku ini perlahan-lahan hingga hanya mata ini yang tertutup tetapi jiwa dan raga ini tidak tertidur. Apa boleh buat, aku harus jujur kalau Handphone yang berdering tadi sangat menggangu istirahatku. Akhirnya daripada tidak bisa tidur lebih baik online untuk mencari info terbaru sekaligus mengecek dan mendesain blog yang baru beberapa hari ini kubuat. semua kegiatan ini ditemani dengan secangkir Kopi Susu dingin Racikan sendiri.

Hari sudah sore menunjukkan Pukul 16.00 WIB, waktunya untuk menunaikan kewajiban sekaligus memanjatkan doa untuk kehidupan yang lebih naik kedepannya. Selesai itu, aku mulai memikirkan rencana kemana sore ini. Planing pertama ke rumah kawan di kawasan LS, selanjutnya…. selanjutnya.. ke pantai? jauh dari sini. Sepertinya ada pantai yang dekat yaitu Pantai Kuala. ok, planing ke dua ke pantai tersebut. Mari bersiap untuk pergi, tapi jangan lupa mandi. Setelah mandi, langsung kuhubungi temanku yang tadi mengajak (yang namanya sama denganku) untuk memastikan kita jadi pergi ke teman yang satu lagi. keluar dari kamar langsung mencari kunci motor kesayanganku walaupun memakan waktu yang lumayan lama untuk menemukan kunci tersebut. Setelah menemukan kunci tersebut langsung kuengkol motorku (starternya RUSAK), langsung bergegas menuju tujuan. Jalanan yang lumayan sepi langsung kulalui dan akhirnya sampai juga ditujuan. ternyata temanku ada dirumah sambil menonton TV. tetapi si pengajak belum juga hadir dan kami dengan setia menunggu dia hadir. waktu terus berjalan dan aku menurutkan rencanaku untuk pergi ke pantai kuala berhubung saya sudah lumayan lama tidak kesana dan ini waktu pertama saya pergi ke tujuan pada tahun 2011 ini. rencanaku ini langsung disetujui dan tak lama berselang waktu sipengajak tadi sampai juga dengan penampilan sangat rapi plus resmi yaitu berkemeja (baju cantek) sangat berbeda dengan kami yang hanya berkaos oblong.

Sambil menonton televisi dan menyantap Buah Sawo Matang (cem warna kulit) Kutarakan niatku untuk pergi ke Pantai Kuala dan sempat tolak karena ada tidak suka pergi kepantai tetapi akhirnya disetujui juga. Ok, mari bersiap-siap.

Kami bertiga sudah siap untuk pergi dan menyalakan motor masing-masing. Aku hanya bisa bersantai duduk di jok belakang karena temanku yang menyetir. Disepanjang perjalanan kami mengobrol mulai dari cewek teman Smp yang menjadi taksiran temanku sampai dengan membahas salah satu grup vokan yang berstyle atau bergaya “soft”. Diperjalan itu saya mempunyai ide untuk pergi salah satu tempat yang berupa batuan besar yang ditimbun memanjang kelautan. tetapi sayangnya bukan ketempat dimaksud melainkan ke suatu tempat semacam pelabuhan. Konon Katanya itu adalah bakal untuk pelabuhan Peti Kemas tetapi sekarang ada ciri-ciri untuk pelabuhan yang dimaksud, mungkin saja itu merupakan planning jangka panjang yang sekarang belum diterapkan. suasana dipelabuhan tersebut sangat bagus, angin sepoi-sepoi dan pemandangan laut yang terhampar luas. angin berhembus membuat saya mengantuk tetapi langsung pergi rasa kantuk tersebut karena salah salah satu teman saya menceritakan tentang kehidupan semacam masyarkat purba yang masih hidup berpindah-pindah. Rasa penasaran saya sangat tinggi terhadap kehidupan tersebut yang konon katanya keturunan mereka masih ada sampai sekarang. tapi cukuplahg itu diluar jangkauan kemampuan kami untuk mengetahui lebih dalam.

Salah satu teman kami minta izin untuk duluan pulang karena keperluan mendadak (sok sibuk). ok, perjalanan kami lanjutkan ke pantai kuala yang tidak jauh dari tempat pertama tadi. diperjalanan kami melihat banyak masyarakat yang memancing di areal tambak ikan. bahkan ada areal pemancingan yang berbayar dan disini banyak penontonnya (cem sepak bola). ikannya pun berupa ikan bandeng atau belanak dan setelah memancing mereka mungkin saja harus berbayar sesuai dengan jumlah tangkapannya.
Lewat dari pemancingan tersebut kami melihat peternakan itik air (bebek) yang sepertinya cukup banyak dan tak salahnya untuk mengambil fotonya dan tanpa ada izin dari pemiliknya.

ternak itik

ternak itik

 

sepertinya itik-itik tersebut kelaparan karena ketika saya mendekat mereka juga mendekati saya tetapi tidak sampai sampai bersentuhan karena dibatasi oleh pagar jaring. Yang menjadi pertanyaan saya, mengapa itik-itik itu lapar, yang tentunya mereka belum dikasih umpan. apakah karena umpannya mahal atau karena pemiliknya tidak ada ditempat sehingga tidak sempat memberi umpan.

perjalanan kami lanjutkan dan akhirnya sampai juga pantai Kuala yang berdekatan dengan salah satu makan ulama tersohot Tgk. Syiah Kuala dan diareal makam tersebut banyak masyarakat yang berziarah. saya tak menyangka ternyata pantai ini ramai juga padahal beberapa tahun yang lalu saya juga pernah pergi dan sangat sepi bahkan ada pamplet yang bertuliskan “Pantai ini bukan tempat wisata” dan saya setuju dengan pamplet tersebut berhubung ini merupakan tempat wisata rohani. tetapi sepertinya pamplet tersebut sekarang tidak ada lagi. oleh karena itu setidaknya masyarakat yang berwisata ke pantai ini dapat berlaku sopan dan mematuhi adat setempat.

PANTAI dekat Makam Syiah Kuala

Ramainya pengunjung dipantai ini ditandai dengan bermunculan pedagang kecil-kecilan yang juga memberi kontribusi terhadap kehidupan ekonomi masyarakat kecil, kalau dari sudut ini saya sangat karena dengan adanya keramaian masyarakat ada kesempatan untuk meningkatkan pendapatannya.

PANTAI dekat Makam Syiah Kuala

PANTAI dekat Makam Syiah Kuala

Pantai ini memang indah karena ditepinya dibatasi oleh batuan gunung yang sengaja ditaruh untuk menghambat terjadinya abrasi dan tak ada salahnya kami duduk sejenak diatas batu tersebut. Diatas batu tersebut kami membahas mengenai wisata di Pulau weh yang terlihat dari pantai tersebut. Ingin rasanya kembali ke pulau tersebut dan menjelajahi semua kawasan wisata yang belum saya kunjungi/ akhirnya obrolan kami sudahi karena hari yang semakin sore. MARI PULANG.

PELESTARIAN HUTAN SEBAGAI POTENSI EKONOMI January 23, 2011

Posted by alreadyshare in Economics, Uncategorized.
Tags: , , , , ,
add a comment

BAB I

PENDAHULUAN

 

A.  LATAR BELAKANG

Hutan merupakan suatu lingkungan kehidupan dari tumbuhan dan hewan yang didominasi oleh pohon-pohon dengan luasan tertentu sehingga dapat membentuk iklim mikro dan kondisi ekologi tertentu. Indonesia pada umumnya dan Aceh pada khususnya merupakan daerah yang telah dianugerahi oleh Sang Pencipta sebagai daerah yang memiliki kekayaan akan sumber daya, baik yang ada diatas bumi maupun yang ada dibawah permukaan bumi. Saah satu sumber kekayaan yang ada di atas permukaan bumi  yaitu adanya kekayaan hutan .hutan merupakan salah satu lahan yang kaya akan manfaat bagi makhluk hidup yang ada di muka bumi ini. Maka menjadi tugas kita untuk melestarikan hutan demi khidupan kita bersama.

Selain bermanfaat yang dilihat dari segi lingkungan, hutan juga  memiliki manfaat yang dilihat dari segi Ekonomi. Dari sudut faktor produksi, hutan dapat dikategorikan menjadi dua macam yaitu forest land dan hutan (forest). Forest land merupakan hutan yang mempunyai karakteristik yang sama dengan pertanian yang dianggap sebagai faktor produksi,dimana pelaku ekonomi memanfaatkan segala sumber daya yang ada di hutan ini untuk di jadikan bahan baku (input) bagi usaha mereka. Tetapi pelaku ekonomi diharapkan agar tetap menjagi kelestarian hutan dan keseimbagan ekosistem di dalamnya. Sehingga pelaku ekonomi yang menjadikan hutan sebagai faktor produksi tidak menimbulkan efek negatif. Sedangkan HUtan (forest)  merupakan hutan yang terdiri dari pohon-pohon  yang menghasilkan return yang diukur dengan interest standing. Jadi di sini hutan di hubungkan dengan keadaan bunga di dalam perekonomian suatu negara.

Tetapi berbeda dengan apa yang kita lihat dan kita dengar.  Pelaku Ekonomi tidak menjalankan sesuatu dengan seharusnya. Terjadilah kerusakan hutan dan hutan kehilangan akan fungsinya. Dari prilaku ini terjadilah masalah lingkungan. Masalah lingkungan timbul sebagai akibat dari ulah manusia itu sendiri. Manusia dalam memanfaatkan sumber daya alam akan menimbulkan perubahan terhadap ekosistem yang akan mempengaruhi kelestarian sumber daya alam itu sendiri.  Pemanfaatan sumber daya alam yang melebihi ambang batas daya dukung lahan dan tanpa memperhatikan aspek kelestariannya akan mendorong terjadinya erosi dan longsor, seperti yang banyak terjadi sekarang ini. Akibat dari keadaan tersebut menyebabkan terjadinya degradasi lahan, pendangkalan sungai, banjir, terganggunya sistem hidrologi Daerah Aliran Sungai (DAS), bahkan terjadi kerusakan hutan yang dengan sendiriya akan merugikan kita semua.

Sebagai sumber daya alam, hutan mempunyai multi fungsi sangat penting bagi kehidupan.  Tajuk pohon yang banyak dan berlapis-lapis pada tanaman yang ada di hutan akan sangat membantu  untuk menahan energi potensial air hujan yang jatuh sehingga aliran air tuidak terlalu besar , hal ini akan mengurangi kerusakan tanah , baik erosi percikan maupun erosi alur.  Kondisi ini  akan membantu kesuburan tanah dan penyerapan air tanah. Secara global  hutan adalah paru-paru dunia  karena akan menyerap karbondioksida di udara dan melepaskan oksigen yang lebih banyak yang sangat bermanfaat bagi makhluk hidup di dunia.

Kawasan hutan pegunungan merupakan hulu Daerah Aliran Sungai (DAS) yang berfungsi sebagai penyangga tata air daerah hilir, oleh karena itu perlu dilakukan pengelolaan lahan yang tepat agar dapat melakukan pelestarian Sumber Daya Alam  dan lingkungan terutama  kawasan hilir yang akan mempengaruhi kegiatan pertanian dan ekonomi setempat. Sehingga kelestarian hutan memberi peningkatan ekonomi rakyat dan secara tidak langsung memberikan peningkatan bagi perekonomian nasional.

 

 

B. TUJUAN

Untuk menciptakan dan menjaga agar hutan tetap seperti semestinya maka di butuhkan usaha kita bersama agar keseimbangan alam tetap terjaga. Pengelolaan penggunaan lahan yang telah berpenduduk dan yang masih jarang penduduknya atau yang belum berpenduduk sering mengundang munculnya masalah, khususnya di Indonesia antara lain; kontradiksi antara kebutuhan  dan batasan-batasan yang berat  demi lingkungan hidup, meningkatnya keperluan hidup, terjadinya kerusakan tanah karena kurang pemeliharaan.

Untuk terciptanya Keseimbangan alam maka perlu kiranya memberikan informasi  pentingnya  menjaga kelestarian  hutan  yang dapat  memberikan manfaat bagi ekonomi rakyat dan bagi lingkungan.

 

 

 

 

 

 

BAB II

PEMBAHASAN

 

A.  PELESTARIAN HUTAN

Membahas tentang hutan, biasanya akan berkaitan dengan pegunungan, sebab kawasan hutan adalah merupakan kawasan pegunungan. Lahan di pegunungan yang masih merupakan kawasan hutan adalah lahan yang sangat banyak memberikan manfaat untuk pertanian, selain itu hutan juga sangat penting untuk menjaga fungsi lingkungan Daerah Aliran Sungai (DAS) dan penyangga daerah di bawahnya (Daerah Hilir).

Pelestarian  dalam pengertian yang luas merupakan salah satu penerapan yang penting dari ekologi.  Tujuan dari pelestarian yang sebenarnya adalah memastikan pengawetan kualitas lingkungan yang mengindahkan estitika dan kebutuhan maupun hasilnya  serta memastikan kelanjutan hasil tanaman, hewan, bahan-bahan yang berguna  dengan menciptakan siklus seimbang antara hasil (output) dan pembaharuan.

Kesadaran lingkungan harus ditumbuhkembangkan pada masyarakat sejak dini. Misalnya dari pendidikan atau melalui pemberitahuan secara turun temurun. Tekanan sosial dan ekonomi masyarakat yang menggantungkan hidupnya pada sumber daya alam dapat ditumbuhkembangkan melalui upaya pemberian informasi  tentang lingkungan sehingga akan meningkatkan kesadaran lingkungan masyarakat.

Kawasan hutan perlu dipertahankan berdasarkan pertimbangan fisik, iklim dan pengaturan tata air serta kebutuhan sosial ekonomi masyarakat dan Negara. Hutan yang dipertahankan terdiri dari hutan lindung, hutan suaka alam, hutan wisata, hutan konservasi, hutan produksi terbatas dan hutan produksi. Di dalam hutan-hutan tidak boleh dilakukan kegiatan yang mengakibatkan terganggunya fungsi hutan tersebut. Hutan mempunyai fungsi pelindung terhadap tanah dari tetesan hujan yang jatuh dari awan yang mempunyai energi tertentu, karena gerak jatuhnya itu dengan energi tertentu tetesan hujan akan memukul permukaan tanah dan melepaskan butiran tanah sehingga akan terjadi erosi percikan.

Air hujan yang tidak meresap ke dalam tanah akan mengalir di atas permukaan tanah, aliran air ini mempunyai energi tertentu juga, makin curam dan panjangnya lereng tempat air mengalir makin besar energinya, energi yang ada pada aliran permukaan ini akan mengelupaskan permukaan tanah sehingga terjadi erosi permukaan. Aliran permukaan dapat juga menyebabkan terbentuknya alur permukaan tanah yang disebut dengan erosi alur.

Jika ada hutan maka tetesan air hujan akan jatuh pada tajuk-tajuk tanaman yang ada di hutan tersebut, terlebih lagi bila tajuk tersebut berlapis-lapis sebagian air hujan tersebut, akan menguap kembali ke udara dan sebagian lagi akan jatuh ke tanah melalui tajuk- tajuk tanaman dari yang teratas sampai ke tajuk tanaman yang terendah, akibatnya energi  air hujan tersebut di patahkan atau diturunkan kekuatannya oleh tajuk- tajuk tanaman yang berlapis tadi, hingga akhirnya air hujan yang jatuh pada tanah dari tajuk yang terndah energinya hanya yang kecil saja sehingga kekuatan pukulan air hujan pada permukaan tanah tidak besar, dengan demikian erosi percikan hanya kecil.

Apabila hutan tidak dipertahankan atau dilestarikan fungsi perlindungan hutan terhadap tanah akan hilang sehingga akan terjadi erosi bahkan longsor seperti yang banyak terjadi sekarang ini bila musim hujan datang. Erosi akan semakin besar dengan besarnya intensitas hujan serta makin curam dan panjangnya lereng. Akibat adanya erosi kesuburan tanah akan berkurang karena lapisan atas sudah terkikis dan terbawa oleh air sehingga akan menurunkan produksi tanaman dan pendapatan petani.

B.  METODE PELESTARIAN HUTAN

Sumber masalah kerusakan lingkungan terjadi sebagai akibat dilampauinya  daya dukung lingkungan, yaitu  tekanan penduduk terhadap lahan yang berlebihan. Usaha, cara, dan metode pelestarian hutan dapat dilakukan dengan mencegah perladangan berpindah yang tidak menggunakan kaidah pelestarian hutan , waspada dan hati- hati terhadap api dan reboisasi lahan gundul serta tebang pilih tanam kembali. Perladangan berpindah sering dilakukan oleh masyarakat yang bermukim di pedesaan. Pengaruhnya terhadap pelestarian hutan tidak akan besar karena mereka dalam melakukan kegiatan pada lahan yang tidak terlalu luas. Cara yang mereka gunakan biasanya masih tradisional dan usaha taninya bersifat subsisten dan mereka tidak menetap . Namun untuk perladangan yang luas perlu dilakukan usaha tani yang memenuhi kaidah-kaidah pelestarian hutan dan harus ada pencagahan perladangan berpindah.

Biaya yang dikeluarkan untuk reboisasi  dan penghijauan sudah sangat besar namun hasilnya tidak menggembirakan , banyak pohon yang ditanam untuk penghijauan dan reboisasi dimatikan lagi oleh penduduk karena perpindahan ladang dan pembukaan lahan baru, untuk itu salah satu cara yang dapat dilakukan untuk reboisasi adalah dengan sistem tumpang sari, dalam sistem ini peladang diperbolehkan menanam tanaman pangan diantara larikan pohon dengan perjanjian petani memelihara pohon hutan yang ditanam dan setelah kira-kira lima tahun waktu pohon sudah besar petani harus pindah, namun dalam kenyataan petani banyak tidak memelihara pohon atau bahkan mematikan pohon tersebut karena dianggap mengganggu tanaman usaha taninya sehingga tidak jarang mereka menetap di tempat tersebut.

 

 

 

C.  PELESTARIAN HUTAN DAN POTENSI EKONOMI

Nilai ekonomi yang dihasilkan dari masing-masing tipe pemanfaatan sumber daya alam (hasil hutan kayu, non kayu, tambang, perikanan, pertanian, pariwisata, dll) serta nilai ekonomi dari jasa lingkungan yang disediakan oleh kawasan hutan , hendaknya tidak dilihat sebagai nilai-nilai yang terpisah satu sama lain, karena setiap kegiatan pemanfaatan sumber daya alam (kegiatan ekonomi lain) tidak berdiri sendiri, melainkan saling berinteraksi dan saling memberikan dampak satu sama lain. Prinsip-prinsip yang menyangkut faktor pembatas  dan produktivitas  di masa lalu telah menetapkan pokok penerapan ekologi untuk pertanian dan kehutanan, tetapi untuk alasan-alasan yang telah dikemukakan , para ahli pertanian dan kehutanan sekarang harus berfikir  bahwa tanaman dan hutannya mempunyai hasil lain selain dari makanan dan serat, dalam pengertian ekosistem manusia secara keseluruhan.

Komponen-komponen sistem pertanian berinteraksi secara baik ketika komponen-komponen itu terlepas dari fungsi utamanya, meningkatkan kondisi-kondisi bagi komponen lain yang berguna di dalam sistem pertanian, misalnya; menciptakan iklim mikro yang cocok bagi komponen lain, menghasilkan senyawa kimia untuk mendorong komponen yang diinginkan atau menekan komponen yang berbahaya (pengaruh alelopatis dari pengeluaran akar atau mulsa)., memproduksi pelapis tanah atau struktur akar untuk meningkatkan konservasi air dan tanah,mengusahakan sistem akar yang dalam untuk meningkatkan daur ulang air dan unsur hara.

Manfaat atau fungsi hutan bagi kehidupan manusia secara langsung maupun tidak langsung sangat banyak dan beragam. Hutan tidak saja sebagai sumber kayu dan hasil hutan lainnya yang memberikan manfaat ekonomi. Secara tidak langsung hutan akan memberikan pengaruh pada kehidupan di hilirnya.

Hutan juga mempunyai fungsi perlindungan terhadap tata air. Dengan adanya seresah di lantai hutan dan struktur tanah gembur, air hujan terserap seresah dan masuk ke dalam tanah. Karena itu dalam musim hujan debit maksimum air dapat dikurangi, dengan demikian bahaya banjir berkurang.

Sebagian air hujan yang jatuh di permukaan tanah meresap ke dalam tanah dalam bentuk infiltrasi, perkolasi, kapiler.  Aliran air tanah dapat dibedakan menjadi aliran tanah dangkal, aliran tanah dalam, aliran tanah antara dan aliran tanah dasar.  Disebut aliran tanah dasar karena aliran ini merupakan aliran yang mengisi sisten jaringan sungai.  Hal ini dapat di lihat pada musim kemarau aliran ini akan tetap  secara kontinyu apabila kondisi hutan baik. Oleh sebab itu kita perlu melestarikan hutan.

Banyaknya air hujan yang meresap ke dalam tanah, persediaan air tanah akan bertambah. Sebagian air tanah akan keluar lagi di daerah yang lebih rendah sebagai mata air, dengan bertambahnya cadangan air tanah, mata air serta sumur yang hidup di musim kemarau juga lebih banyak daripada tanpa adanya hutan. Jadi, efek hutan adalah mengurangi resiko kekurangan air dalam musim kemarau.

Air sebagai sumber kehidupan  mempunyai berbagai macam  fungsi. Di sisi lain air juga merupakan bagian dari sumber daya alam . Fungsi air sebagai sumber kehidupan adalah  memenuhi kebutuhan air baku untuk rumah tangga, pertanian, industri , pariwisata, pertahanan, pertambangan, ketenagaan dan perhubungan. Sebagai sumber daya alam air juga harus dilestarikan agar ketersediaan air dipermukaan bumi ini bisa berkesinambungan. Dengan melestarikan hutan berarti kita juga melestarikan ketersediaan air sebagai sumber daya alam.

Banyaknya air yang tersedia di permukaan bumi ini akan sangat membantu kehidupan manusia karena air diantaranya akan banyak memberikan manfaat ekonomi. Di daerah daerah yang pengairannya baik  pertanian tidak lagi bergantung pada hujan , petani dapat merencanakan pola pergiliran tanaman dengan lebih baik.

Daerah-daerah hilir hutan pegunungan masyarakatnya akan merasakan manfaat yang sangat menguntungkan bila pelestarian hutan terjaga, keseimbangan ekosistem dalam hutan akan memelihara tata air di sekitarnya , masyarakat yang ada di dataran rendah bisa memanfaatkan sumberdaya air yang tersedia untuk keperluan hidupnya maupun untuk aktivitas perekonomian.

Secara tidak langsung sumber daya air akan memberikan manfaat ekonomi  pada rumah tangga dan pertanian .  Rumah tangga yang mempunyai industri akan membutuhkan air untuk usahanya, petani dalam berusaha tani juga sangat membutuhkan air, baik untuk penyemprotan maupun untuk kebutuhan tanaman itu sendiri. Tanaman yang kekurangan air pertumbuhannya akan terganggu, produktivitas akan berkurang bahkan akan terancam mati. Sebaliknya bila sumber air tersedia tanaman akan tumbuh dengan baik dan produksinya akan tinggi.

Selain dari manfaat yang tidak langsung , masyarakat disekitar kawasan hutan juga bisa memanfaatkan hasil hutan langsung dengan tidak secara berlebihan dan tetap berusaha adanya pembaharuan untuk menjaga kelestariannya.  Hasil hutan yang didapatkan bisa untuk konsumsi sendiri atau untuk di jual sehingga dapat menjadi pendapatan tambahan.

Manusia harus ingat bahwa kebutuhan terus meningkat dan berubah dari waktu ke waktu,   untuk dapat mendukung kebutuhan yang meningkat dan berubah itu perlu adanya sumberdaya yang berkesinambungan .  Lingkungan kita merupakan sumberdaya, karena itu harus kita manfaatkan dengan bijaksana agar daya dukung terlanjutkan dapat terpelihara untuk dapat menjamin tingkat hidup yang makin tinggi.

Dari uraian – uraian yang telah disebutkan sebelumnya jelas bahwa banyak manfaat ekonomi yang akan diperoleh bila kita melestarikan hutan.  Selain dari dalam hutan itu sendiri di wilayah sekitar hutan dan di daerah hilirnya manfaat ekonomi akan banyak diperoleh.

D. PENDIDIKAN LINGKUNGAN DAN STAREGI PELESTARIAN HUTAN

Pendidikan sadar lingkungan juga sangat penting untuk dilakukan untuk merubah persepsi tentang hutan. Berkomunikasi dengan masyarakat sekitar hutan dan masyarakat kota yang menerima manfaat sangat banyak dari jasa lingkungan.

Memberikan pengetahuan kepada mereka-mereka yang berada dan tinggal jauh di hutan

yang nasibnya belum baik, sebagian dari mereka berbuat karena memang terpaksa. Bahwa kekayaan dari hutan itu dijaga, bisa dimanfaatkan dan didayagunakan.

Orang melihat kayu dari hutan, tetapi dibalik dari kayu ada banyak mamfaat yang bisa dinikmati dengan rakyat. Seperti fungsi hutan untuk menjaga sumber air. Hal penting juga, sudah saatnya hutan  menjadi sentra penelitian tentang ekosistem hutan tropis Sumatra dan dunia.

Oleh karena itu, penting untuk pemerintah memikitkan strategi-strategi bagaimana caranya masyarakat agar mempunyai sumber ekonomi berkelanjutan, dengan tidak menebang hutan. Ini sesuatu yang harus kita fikirkan bersama. Saatnya untuk kita fikirkan bersama strategi dan jalan keluar untuk hutan yang lestari.

Strategi mengalihkan perhatian masyarakat yang suka menebang hutan, untuk jangan lagi menebang kayu di hutan, karena alasan desakan ekonomi. Selama ini kalau hanya dengan larangan-larangan saja, nampaknya tidak ampuh. Bagaimana caranya untuk mengalihkan dengan usaha-usaha lain yang bisa menimbulkan dan memberi rezeki yang cukup kepada masyarakat, sehingga orang akan lupa pada uang pada pohon pohon kayu.

BAB III

PENUTUP

A.  KESIMPULAN

Hutan merupakan sarana yang penting untuk menuju kehidupan yang lebih baik. Kerusakan hutan akan memberi dampak yang negatif bagi lingkungan, karena akan tercipta ketidakseimbangan dan ketidakharmonisan alam.

Hutan memiliki potensi ekonomi yang harus tetap dijaga dan perlunya pengendalian yang efektif agar potensi ekonomi tersebut tidak menimbulkan sesuatu yang negatif. Potensi hutan yang diambil tanpa mempedulikan lingkungan akan tercipta kerusakan hutan. Kerusakan hutan terjadi karena aktivitas manusia.

Untuk mencegah dan menolak terjadinya kerusakan hutan, maka diperlukan pelestarian hutan. Pelestarian hutan bertujuan untuk pengawetan kualitas lingkungan dan menciptakan iklim yang seimbang. Selain itu Pelestarian hutan memberikan manfaat ekonomi pada kawasan hutan itu sendiri dan daerah sekitarnya yakni daerah hilir. Lahan pertanian di daerah hilir akan terus berkembang tanpa perlu ragu akan kekurangan air dan tecipta pengairan (irigasi) yang baik dan secara langsung meningkatkan kehidupan ekonomi masyarakat.

Selain dalam potensi ekonomi, Pelestarian hutan  memberikan dampak luas terhadap peningkatan kualitas ekosistem (biotik dan atau fisik) lingkungan di dalam dan luar kawasan hutan. Sehingga tecipta keseimbangan alam dan makhluk hidup yang ada di hutan hidup sebagaimana mestinya

Ancaman yang dihadapi sekarang. Tentu sekarang ini sudah ada kerusakan yang terjadi. Salah satu ancaman dari pengelolaan hutan yang berkelanjutan ini bisa jadi dari Perencanaan yang tidak tepat.

Dimana ada perencanaan Struktur pembangunan jalan dan sebagainya yang membelah kawasan hutan, justru akan menghasilkan kerusakan-kerusakan yang lebih   parah. Untuk itu perlu langkah hati-hati dan penuh perhitungan pengambil kebijakan dalam mengambil sebuah kebijakan. Ancaman lainnya, pengambilan sumber daya alam yang berlebihan atau dengan cara merusak lingkungan. Ini adalah peran kita semua mengawasi hal itu agar jangan sampai terjadi.

B.  SARAN

Agar Potensi Ekonomi yang ada di Hutan tetap bisa dimanfaatkan dan pelestarian hutan tetap terlaksana, maka butuh sikap dan prilaku kita dalam hal ini. Hendaknya masyarakat memahami bahwa hutan merupakan kepentingan bersama bukan kepentingan sebagian orang. Sehingga mayarakat hendaknya ikut serta melalui hal-hal kecil dalam upaya pelestarian hutan.

Peran pemerintah diperlukan yaitu terciptanya keamanan hutan (melalui tugas polisi hutan) dan mengawasi kinerjanya secara baik dan terhindar dari hal-hal yang mengakibatkan kerusakan hutan. Serta menetapkan hukum yang tegas mengenai kejahatan di wilayah hutan.

Peran pemerintah juga diperlukan dalam memberi bimbingan bagi seluruh penduduk dan khususnya masyarakat sekitar hutan agar memahami dan pikiran masyarakat terbuka  akan segala potensi hutan, dampak kerusakan hutan, serta upya pelestarian hutan. Dengan adanya pemahaman mayarakat  akan hutan bisa memberikan kontribusi terhadap pelestarian hutan.

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

Herwanto, Didi. JURNAL LINGKUNGAN. 2009

Yulliati, Ellys. JURNAL LINGKUNGAN. 2009

Hadi, Firman. www.AcehForum.com.  2009